31 Maret 2011

SI PENGHEMAT LISTRIK ITU TERNYATA.......

Beberapa waktu yang lalu ditempat saya kerja sempat heboh dengan adanya salesmen yang menawarkan sebuah alat yang katanya mampu menghemat penggunaan listrik di rumah dengan menekan factor daya semu, sehingga akan menghemat pengeluaran rutin tiap bulan. Sehingga temen-temen pun ramai-ramai untuk sekedar melihatnya….
Kata yang jualan alat itu mampu menghemat 5 – 25%, waktu itu yang jualan juga membawa ampere meter yang digunakan untuk mengukur konsumsi arus pada saat alat ditest dengan menyalakan lampu. Dan memang benar, konsumsi arus menurun dibanding ketika tidak menggunakan alat “penghemat listrik” ini.
Alat tersebut dijual seharga Rp. 350,000,- dan bisa diangsur selama 10 bulan x Rp. 35,000,-. Sebuah harga yang terlalu fantastis buat saya yang cenderung berkantong dalam tapi tipis….hehehehehehe…
Akhirnya berbekal rasa ingin tahu yang terlalu liar, langsung aja ku buka komputer minta bantuan mbah google untuk memecahkan rasa penasaran di hati ini.
Dengan segala kesabaran akhirya ketemu juga rangkaian yang di klaim mampu menghemat listrik, dan ternyata rangkaian ini sangat simple, dan menurut prediksi saya, harga komponen kalau kita merangkai sendiri hanya dengan Rp. 30.000,- kita bisa membuatnya….itupun masih bisa kurang.
Rangkaiannya seperti dibawah ini……..



Gb. Rangkaian “penghemat listrik”

Keterangan rangkaian :
1. Rangkaian ini langsung dicolokkan pada stop kontak yang dekat dengan rumah sekring pada alur listrik dirumah
2. VDR ( voltage dependent resistor) katanya berfungsi membatasi tegangan listrik yang masuk pada rangkaian
3. Resistor 330 kohm/ 1 watt katanya berfungsi sebagai pembagi arus yang melalui kapasitor
4. Kapasitor 6 uF/ 450 VAC katanya bertugas menekan daya semu sehingga mampu menghemat pemakaian listrik
Kenapa katanya……karena memang seperti itu adanya…hehehehe…
Bagi yang ingin membuatnya, monggo langsung aja ke toko elektronika untuk belanja dan langsung dirangkai serta dipakai kalau sudah beres semua…....

23 komentar:

  1. saya kurang jelas mengenai hasilnya, apa betul bisa menghemat beneran seperti yg dipromosikan kang mohon dijelaskan matur suwon kang Tony,,, DIAN ELECTRONIC BATANG

    BalasHapus
  2. mohon izin tukaran link kang, salam kenal makasih

    BalasHapus
  3. kalo pertanyaannya " apa bisa menghemat beneran?", maka jawabannya adalah rangkaian tersebut hanya menekan daya semu yang mengalir pada jaringan listrik di rumah kita karena penggunaan peralatan yang menggunakan prinsip kemagnetan, seperti motor listrik, pompa air dll. tp kalo pada prakteknya, dari temen-temen yang udah pake dengan penggunaan daya listrik di bawah 450 watt, rangkaian ini seperti tidak ada bedanya..
    untuk tukeran link, kita terima dengan lapang dada....hehehehe
    salam kenal juga dari bumi reyog..

    BalasHapus
  4. GravityPOWER-generator' s goal is to solve a huge future societal need; clean energy generation must increase significantly from wind, solar and other renewable sources. Much of this generation is intermittent and must be matched to the needs of operating electric grids and thus be dispatchable power. This must be done to avoid an environmental emergency as growing global power markets will have a choice; build more coal and gas plants or build alot more renewable energy generation. For the degree of new renewable generation really required to be practically deployed, a huge amount of energy storage will be necessary. Gravity Power Modules can provide clean energy storage to match renewables to demand and to provide clean peaker power as markets grow worldwide. We are committed to the future as one with clean generation enabled by clean energy storage.

    GravityPOWER XGENone

    Spesifikasi :
    Dimensi : L : 1700 cm X T : 1200 cm X P : 100 cm
    Generator : Marelli AVR 20 Kva
    Driver : Marelli + Gear Box
    Gravity Wheel : 100 cm + 3X14 Kg
    Speed : up 500 Rpm ( wheel)
    Rangka : Baja U
    Kontrol Panel : Outo Magnet / Manual.
    Ouput : 220/ 240 VAC 50/ 60 Hz
    Capacity : 5 - 100 Kva

    Sample :
    Roda Grafitasi :
    Berat : 14 Kg
    Radius : 100 cm
    Torsi : 68, 6 N/ m
    W : 1000 Watt / mnt
    Kw : 8.073.122, 4 / 60.000 = 134 Kw

    BalasHapus
  5. GravityPOWER electric saver.
    Controlling the cost of energy is without doubt one of the greatest challenges facing homes and industries today as the global economy comes under increasing pressure to remain competitive. Intercoop Hi-Tech brings you solutions to dramatically improve overall efficiency, providing safer and more reliable operations with substantial reductions in both energy consumption and maintenance costs.
    Many people request information about Energy Savers because they recognise the huge worldwide demand for proven energy saving technology. In recent times energy saving has evolved into an incredible business opportunity - and the signs are that this trend is set to continue.
    Reduced Maintenance – Less Costs!
    Intelliworks installations can be installed at factories, offices, hospitals, airports, convenience stores and supermarkets – from the smallest corner shop – to the largest industrial complex. Substantial improvements can be made to air conditioners, refrigerators, escalators, presses, compressors, hydraulics, saws, injection moulds, pumps, conveyors and crushers… to name but a few.
    Features
    * Save energy efficiently
    * Instant monetary savings
    * Reduce electricity bills by up to 50%
    * Prolong the life of your appliances
    * Less heat generated in motors and appliances, which will increase the productive life cycle of these products.
    * Reduces electricity required by existing inductive loads
    * Outstanding return on investment with superior pricing
    * Environmentally friendly
    * Reduce electricity wastage
    * Easy to use, maintenance free
    * Stabilise electrical current
    * Surge protection
    * Fully compliant with safety standards
    * Improve the power factor of electrical appliances
    * German Technology
    How It Works
    Hi-Tech Energy Savers use a state-of-the-art electrical technology to actively monitor and improve the power factor of your household, office or industrial appliances.
    The Hi-Tech Energy Saver Unit reduces the amount of power drawn from the utility by storing ( in its capacitors) otherwise lost and wasted electricity ( watts) caused by the inductive appliances in your home. ( Some examples of inductive motors are Air Conditioning units, refrigerators, freezers, washers, dryers, dishwashers, pool pumps, vacuum cleaners, furnace blower motors, fans etc.) The technology applied by the Energy Savers supplies that stored electricity back to your inductive loads, thus causing you to decrease your demand from the utility. If you decrease your demand from the utility, you use less electricity. The thought is, you’ ve already paid for that electricity, why pay for it and waste it when you can pay for it, store it, and reuse it again. This whole process is called power factor optimization. Think of this as simply recycling wasted electricity, power you paid for and then were sending to the ground – a waste of electricity, a waste of fossil fuels, a waste of money – YOUR money!
    It also acts as a voltage stabilizer by storing energy for up to 10 seconds and therefore supplies the load with constant voltage during momentary power surges. This in turn results in a longer lifespan of your electrical appliances.

    BalasHapus
  6. tapi biuasany capasitornya diatas 10mf kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapasitor 6 uF saya kira sudah mencukupi kang.. Makasih dah mampir

      Hapus
  7. Ra kacex ikuw kang
    Malah ngundang bledek
    Nyamariiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sendiri belum mencoba alat tersebut kang, karena tidak terlalu percaya dengan alat ini..kalau ngundang bledek, apa hubungannya kang??? Makasih dah mampir..

      Hapus
  8. Mohon pasang iklan + share ilmu gan, agan bisa lihat di www.mqm-total-saver.blogspot.com, semoga dpt pencerahan, sebelum memilih alat hemat listrik

    BalasHapus
  9. Mohon numpang iklan + share ilmu gan, agan bisa liat di www.mqm-total-saver.blogspot.com. semoga dpt pencerahan sebelum beli alat hemat listrik

    BalasHapus
  10. Mas Toni, kalo rangkaian diatas dibuat dari aplikasi proteus bisa tidak?
    Kalo bisa boleh minta mas bagaimana rangkaianya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tidak membuatnya dari aplikasi proteus mas, Makasih dah mampir.

      Hapus
  11. Uraian singkat dari saya penghemat listrik dengan teknologi kapasitor kurang tepat karena mengandung beban Ampare/Watt yang harus dibayar, itu namanya bukan penghematan listrik apalagi harus dipasang 24jam nonstop. Untuk teknologi kapasitor pada gardu induk PLN sudah tersedia ditiap-tiap gardu induk PLN yang berfungsi sebagai filter arus listrik agar listrik yang dijual ke masing-masing user berkwalitas baik dan tidak merusak elektonik, namun disatu sisi tidak selamanya menjamin mutu filter listrik dari gardu induk PLN yang selalu berjalan dengan baik karena dipakai ribuan user/pelanggan yang penggunaannya bermacam-macam kebutuhan salah satu contoh motor lisrik berdaya besar dan hal ini bisa mengganggu kwalitas lisrik user/pelanggan lainnya yang bisa mengakibatkan kerusakan peralatan elektronik anda.
    CFO power saver dengan keunggulan memfilter secara individu mencegah timbulnya gelombang frekuensi harmonik berlebih yang dapat merusak peralatan elektronik lunak seperti komputer laptop, TV LCD, Audio/ studio musik/home theater,DVD,dll. CFO power saver bisa melindungi dan mencegah kerusakan elektronik anda dari beban puncak PLN.
    Gelombang frekuensi harmonik berlebih dari normal dapat menimbulkan tambahan torsi/putaran pada kWh meter jenis elektromekanis yang menggunakan piringan induksi berputar. Sebagai akibatnya, puratan piringan akan lebih cepat atau terjadi kesalahan ukur KWH meter karena piringan induksi tersebut dirancang hanya untuk beroperasi pada frekuensi dasar/normalnya yaitu 50-60Hz, dan lonjakan frekuensi harmonik bisa mencapai 2-3 kali lonjakan normal yaitu 100-150 Hz.
    Beberapa peralatan yang dapat menyebabkan timbulnya lonjakan frekuensi harmonik antara lain komputer, printer, lampu fluorescent /TL yang menggunakan elektronik ballast, kendali kecepatan motor, motor induksi, battery charger,dll.
    Dampak yang umum dari gangguan frekuensi harmonik adalah panas /over head pada elektronik dan menimbulkan kinerja komponen tersebut akan mengalami penurunan kinerja dan bahkan lama kelamaan elektronik mengalami kerusakan dan yang terburuk bisa menimbulkan kebakaran pada instalasi listrik rumah anda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya percaya rangkaian ini bisa membantu menghemat sekitar 30 %, karena memang sebsar itu kerugian kita memakai arus listrik jika Cos V kita di rangakian ruma tidak effisien, dengan menambah kapsitor maka Cos V tersebut bisa mendekati nilai 1, sehingga kita memang membayar apa yg kita pakai, bukan membayar yg tidak kita pakai karena ketidak effisiensi tersebut, rumus logikanya ada effe Cos V= indukstansi L.R.C. nah mesin penghemat ini/ sebenernya hampir sama dengan kapasitor bank. alat ini hanya akan lebih terasa jika bebannya adalah beban lilitan induksi. klo bebas untuk pemanas, cahaya, diluat alat motor induksi... hampir tak ada gunanya, yg paling mungkin sekarang adalah teknologi inverter, yg bisa meredusi effesiensi jauh lebih tinggi, bisa 60 %.....dan tunggu akan ada yg mampu menghemat hingga 80%...dan bahan bakunya ada di bumi indonesia, sementara teknologinya sedng disiapkan di china.....catat baik anak bangsaku...

      Hapus
  12. Berapa harga cfo itu..bisa sms aja 081326179340

    BalasHapus
  13. ini bisa smp berapa watt simpannya

    BalasHapus
  14. sy bikin per step jd optimal ,sdh ditest hsl josss...

    BalasHapus
  15. bisa lsng wa di 087875657860 soltech saver

    BalasHapus
  16. gini terkait dengan komponen diatas , saya harus biacar apa adanya> VDR itu berguna suapaya arus yg masuk tidak membuat transien/ kejut seningga klo di colok sembanga tempat tidak mebuat MCB turun mendadak, lalu resistor tersebut bukan hanya membagi tegangan tetapi sebagai pembuang tenaga pada kapasitor jika di cabut dari colokan, sebab jika tak di buang bisa berbahaya kepada user, karena simpan energi di kapistor masih dan menghindarkan user kena kejut listrik kapasitor yg masih tersisa/ resistor bleder, sedang C kapasitor ini adalah biang kerok sang membuat /menguskan agar Cos V mendekati ideal... salam..a

    BalasHapus