31 Maret 2011

MEMPERPANJANG USIA AKI SEPEDA MOTOR

Aki/ accu adalah salah satu bagian kelistrikan dan termasuk fital bagi sepeda motor. Lampu, bel/ sirine, CDI (yang memakai DC CDI), alarm anti maling, semua memakai Aki sebagai sumber dayanya. Tak terkecuali starter elektronik juga memakai Aki sebagai tenaga utama.
Ketika di pagi hari, saat kita akan menggunakan Sepeda Motor trus starter elektrik ga’ berfungsi karena aki tekor, tentu jadi dongkol perasaan kita.. Apalagi ditambah dengan engkol starter yang terlanjur kita lepas karena ingin gaya.. belum lagi dicampur dengan Istri yang teriak-teriak ingin segera dianter ke pasar tuk belanja….Lengkap sudah prahara di pagi hari…
Tapi prahara di pagi hari ini dapat diminimalisir kalo kita bisa membuat aki menjadi panjang umur dan tahan lama…..(podho wae alias sama aja…hehehehe)
Beban terberat aki adalah saat kita menyalakan Sepeda Motor menggunakan elektrik starter, karena pada saat itu arus besar mengalir dari aki ke dynamo starter. Kalau aki kita dalam kondisi lemah, dynamo starter tidak bisa berputar untuk menyalakan mesin motor…
Beban berat aki ini bisa kita kurangi atau kita pecah dengan menambahkan elektrolit kapasitor pada yang terpasang parallel pada aki. Karena sifat dari elektrolit kapasitor dapat menyimpan arus walaupun tidak sebesar aki, tapi bisa membantu aki. Maka dari itu rangkaian ini sangat sederhana dan dapat membantu aki pada saat start pertama menyalakan sepeda motor dengan elektrik starter.
Langsung aja menuju rangkaiannya berikut ini…


Simple, mudah dan berkualitas….
Keterangan rangkaian :
1. Kapasitor 100 nf berfungsi sebagai tapis dc yang berasal dari arus yang mengisi aki
2. Sekring 5 amp berfungsi sebagai pengaman jika ada konsleting pada rangkaian
3. Elco 10000 uF/ 100 volt berfungsi sebagai penyimpan sekaligus tapis arus DC yang mengisi aki …
Gambar-gambar rangkaian yang telah saya aplikasikan pada motor saya…









bagi yang berminat, SELAMAT MENCOBA dan jangan pernah putus asa ketika gagal, enstein aja gagal 999 kali dan baru berhasil pada percobaan yang ke 1000....
JAYALAH INDONESIAKU...

update terbaru tanggal 01 oktober 2013
dengan rangkaian ini alhamdulillah aki motor suzuki smash saya masih bertahan hampir 4 (empat) tahun ini. Dengan catatan air aki saya tersebut saya tambah dengan serbuk EDTA.. 

update tanggal 04 November 2014
aki saya masih bertahan sampai saat ini, (kira-kira 4,5 tahun) engkol stater belum saya pasang, saya masih tetap menggunakan double stater untuk menyalakan sepeda motor saya (suzuki new smash 2006). air aki-pun jarang mengisi, karena kondisinya full terus...

20 komentar:

  1. Seepp... salam kenal pak
    dr agustino di surabaya

    BalasHapus
  2. Sebelumnya trima kasih atas ilmunya...saye punya motor cb glatik yg udh di ubah dri platina ke cdi, saat sy tidak memakai accu u lampu, akibatnya sering putus. Bisa nggak kapasitor di aplikasikan sbgi ganti accu dan bagaimana rangkaiannya...apakah di paralel atau seri dg kiprok atau mengikuti seperti rangakaian di atas.
    Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih, salam kenal edi from belitung

    BalasHapus
  3. pake aki bebas perawatan dari SCHUM aja gan, teknologi terbaru yaitu menggunakan NANO GEL, sehingga dapat menyimpan listrik lebih lama, pemakaian juga jadi lebih awet ..

    coba lihat disini : http://www.sparepart-mobil-motor.com/2011/12/battery-aki-schum-berteknologi-nano-gel.html

    BalasHapus
  4. @multiPCB : salam kenal juga bro agustino di surabaya, makasih dah mampir ke blog saya..
    @Edi : makasih juga atas kunjungannya, untuk fungsi kapasitor tidak bisa menggantikan fungsi dari accu (aki), karena aki berfungsi sebagai penyimpan energi listrik dan kapasitor pada rangkaian DC (direct curent) hanya berfungsi sebagai filter, untuk urusan menyimpan energi lstrik, memang dapat menyimpan tapi cuma kecil sekali. kalau untuk mengatasi cepat putusnya lampu bohlam sepeda motor menggunakan kapasitor, kemungkinan juga bisa, karena secara teori, arus dc dari kiprok yang masih ada riak-riak akan di dc-kan murni oleh kapasitor. sehingga arus yang men-suplay lampu adalah dc murni. untuk rangkaiannya adalah kabel dari kiprok yang menuju ke lampu di hubungkan dengan kaki positif kapasitor dan kaki negatif kapasitor dihubungkan dengan bodi (ground. demikian kurang lebihnya mohon maaf.
    @sparepart : makasih atas kunjungan dan infonya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas saya punya elco jenis ini dua biji,..

      MOTOR STARTING
      KAPACITOR
      250 VAC 300 MFD
      50/60Hz
      Super Quality

      tdinya orang beli mo buat mesin poles marmer,.. tpi ga cocok atau gmana
      kira2 bisa di peke untuk di motor ga mas,..

      Hapus
    2. kalau elco semacam itu kelihatannya tidak bisa untuk menambah kekuatan aki karena itu elco untuk tegangan AC sedang yang dibutuhkan adalah elco untuk tegangan DC..makasih dah mampir..

      Hapus
  5. Salam kenal buat Mas Toni. Begini Mas, saya punya aki bekas dgn tegangan 12 Volt 60 AH, yg ingin saya manfaatkan utk sumber energi cadangan listrik. Dan saya punya UPS utk komputer yg akinya sdh rusak. Aki yg rusak ini saya ganti dgn aki bekas dgn teg 12 V 60 AH, dan UPS ini saya pakai utk menyalakan lampu, tetapi ada masalah yaitu lama jam menyalanya hanya sebentar sekitar 10 menit tidak sebanding dgn kapasitas aki yg saya gunakan. Mngkin Mas Toni bisa membantu saya untuk mengatasi masalah ini. Trima kasih atas bantuannya. (Tri Artono di Padang).

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga buat mas tri artono di padang, kalau pengalaman saya kejadian seperti itu cobalah anda ganti aki anda yang 12 volt 65 ampere dengan aki sepeda motor yang masih baru (maksudnya silakan lepas aki motor atau mobil anda buat kegiatan ini), jika dengan aki yang masih baru nyalanya jadi lama, maka bisa disimpulkan bahwa yang bermasalah adalah aki anda yang 12 volt 65 amper, karena biasanya aki bekas pakai itu tidak bisa menyimpan energi listrik secara penuh

      Hapus
  6. salam kenal, om itu di elconya udah ada kutub negati positifnya apa belum, takut kebalik , infonya dong .

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga, elco sudah ada tanda kaki positif dan negatifnya. biasanya yang kaki negatif ada tanda pada badan elco yaitu berupa garis - (negatif) yang memanjang kebawah, jadi gak usah takut kebalik...makasih adh mampir

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. bang gimana kalau ga pake sikring?......langsung aja ke +/- aki dan masa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ga pake sekring juga ga apa-apa, itu cuma untuk menjaga kerusakan akibat konsleting listrik, karena rangkaian capasitor saya tanpa box. anda bisa langsung memasang kaki capasitor + (positif) ke kaki + (positif) aki dan kaki - (negatif) capasitor ke kaki - (negatif) aki. terima kasih dah mampir...

      Hapus
  9. mas toni.
    salam kenal.
    itu kan elco 10.000 mf , 100V kalau pakai 10.000mf , 50V. itu efek bedanya dimana kalau buat motor?
    trus apakah untuk motor DC harus menggunakan elco 10.000mf, 100V dua biji?
    makasih mas ton.
    ngak paham elektro saya, tapi motor saya megapro dan itu juga DC

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga agan putra djaya..
      bisa saja memakai sebuah elco 10.000 uF 50 V, karena fungsinya membantu aki menggerakkan double starter ketika kita menstarter sepeda motor...saya gunakan 2 biji 10.000 uF karena saya ingin aki sepeda motor saya lebih ringan lagi kerjanya..dan 100 V karena pada awalnya saya kira tegangan dari mesin yang men-charge aki sanggup mencapai 100V..makasih dah mampir...

      Hapus
  10. Salam kenal om, kalo kapasitornya ditambah 2 lgi jadi 40000uF apakah efeknya bagus buat motor kita? Makasih om

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga buat anda dari kami, yang jelas kinerja aki semakin mantaf karena dapat pasokan energi dari kapasitor 40k uF, sehingga kinerja kelistrikan sepeda motor seperti cdi, lampu dll menjadi semakin bagus..efeknya sepeda motor semakin maknyussss...moga bisa membantu..makasih balik..

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Terima kasih sekali mas,, sangat bermanfaat infonya.
    Saya punya pertanyaan .Serbuk EDTA,, itu apaan yah mas. Maaf gak tau ini apaan dan belinya di mana

    Itu saya lihat di gambar skemanya pakai Kapasitor 100nf, tapi di gambarnya saya lihat memakai Elco semua. Setahu saya 100nf biasanya bentuknya gepeng bukan bunder seperti elco. Kalau itu elco berapa ukurannya yang mas pakai?

    BalasHapus
  13. serbuk EDTA atau Natrium EDTA biasanya dipakai untuk menjernihkan air, dan pada aki berfungsi menjaga kejernihan air aki sehingga dapat menambah keawetan aki, biasanya ditoko kimia dijual bebas, kemarin aku beli seharga Rp. 30.000 per 0,5kg. kapasitor 100nF memang gak saya pasang karena efeknya kecil untuk filter DC dan penyimpanan tegangan, untuk elco ukuran 2 x 10.000uF / 100V...tapi 10.000uF/50v saya kira udah cukup...makasih dah mampir..

    BalasHapus