23 Maret 2011

INVERTER DC TO AC

Membuat sesuatu yang bisa menyala khususnya tanpa bantuan aliran listrik dari PT. PLN pada akhir-akhir ini memang bisa banyak membantu. Karena musim penghujan kali ini kondisi alam tidak bisa diprediksi. Hujan disertai angin kencang sering menerjang pohon-pohon akhirnya tumbang. Seringkali juga kabel aliran listrik dari PLN menjadi sasarannya. Akhirnya aliran listrik jadi padam. Buat saya yang kini punya anak masih umur 1 tahun 7 bulan, listrik padam memang sangat menyusahkan. Anak saya seringkali gelisah ketika listrik padam......bingung bercampur sedih juga melihat si kecil gelisah.....
Akhirnya terpikirkan bagaimana membuat lampu TL dirumah bisa menyala dengan bantuan aki sepeda motor. Rangkaian inverter ini sangat mudah dan murah untuk dibuat. Hanya dengan IC 555, aki dan beberapa komponen lainnya, kita sudah bisa menyalakan lampu TL dan rasa glisah sikecil pun bisa terobati....
Langsung saja, ini rangkaiannya.....

gb. rangkaian inverter dc to ac
Untuk transistor akhir bisa diganti dengan MOSFET yang bisa melayani arus tinggi sampai puluhan ampere.. contohnya IRF540, IRZ44, dan lain-lain.... Untuk menyalakan lampu TL, transformator bisa diganti dengan trafo ct 12 volt 2 ampere yang biasa dijual di toko-toko elektronika. Sebagai inputnya yang ct 12 volt, dan yang dihubungkan ke lampunya, 0 - 220 volt.....
Rangkaian ini juga bisa digabung dengan solar cell....
bagi yang ingin mencoba, SELAMAT MENCOBA....tetaplah berkarya dan jangan pernah menyerah indonesiaku....

17 komentar:

  1. bisa di jelaskan apa aja komponen yang harus di sediakan

    BalasHapus
  2. sorry boss, gambar skemanya ga jelas. dmn ya ane bisa donlod gambarnya yang berkualitas bagus?

    BalasHapus
  3. agusthiar>>>untuk komponen, anda bisa langsung klik gambar rangkaian diatas, dan disitu akan muncul gambar dengan resolusi yang lebih besar lengkap dengan komponen apa aja yang dibutuhkan...terima kasih dah mampir.

    BalasHapus
  4. okgar>>> silakan klik gambar rangkaian di atas, disitu akan muncul gambar dengan resolusi yang lebih besar dan jelas...trima kasih dah mampir..

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. kalau mau diganti dengan 2n 3055 bisa gak ? frekuensinya berapa ?
    dan bentuk gelombangnya sinus atau persegi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa diganti dengan 2n3055 tapi tetap harus diberi pendingin agar tetap bekerja dalam suhu rendah, frequensinya dapat diatur dengan trimpot yang ada pada rangkaian tsb. dan bentuk gelombang outputnya adalah persegi..

      Hapus
  7. yang menggunakan frekuensi pengaturannya ada ndak rangkaiannya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya ??? kalau mau mengatur frequensinya bisa dengan trimpot yang ada pada rangakaian tersebut...makasih dah mampir..

      Hapus
  8. rangkaian ini bisa buat supply cdi dc ndak mas .. dan kira kira tegangan output jika komponenya sama mengikuti rangkaian di atas bisa mencapang brp ?

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Bisa saja asal akinya masih bisa menyimpan arus listrik.....

      Hapus
  10. mas tolong jelaskan cara kerja rangkaian nya mas

    BalasHapus
  11. Salah ambil skematik mas, itu dari DC keluar DC lagi.

    BalasHapus
  12. Mas saya mau tanya , saya punya montor revo listriknya yg lampu utama led 40 watt , listrik dc , klo yg lainnya ac. Pertanyaan saya , saya hrus pake elco yg berapa kapasitasnya , biar lanpu led utama saya terang trus

    BalasHapus
  13. Ass salam kenal sebelumnya...
    Bisa dibantu rangkaiannya soalnya saya juga awam tentang hal ini masalanya setiap 5 sampai 6 bualan harus saya ganti aki...
    Mohon bantuannya..
    Genset 20 kva saya pake aki 12 voltdc 100 ah kira kira biar putaran dinamostart lebih enteng dan akinya awet gitu...
    Terimakasih...

    BalasHapus
  14. nknown10 Maret 2018 21.46
    Ass salam kenal sebelumnya...
    Bisa dibantu rangkaiannya soalnya saya juga awam tentang hal ini masalanya setiap 5 sampai 6 bualan harus saya ganti aki...
    Mohon bantuannya..
    Genset 20 kva saya pake aki 12 voltdc 100 ah kira kira biar putaran dinamostart lebih enteng dan akinya awet gitu...
    Terimakasih...

    BalasHapus