31 Maret 2011

MEMPERPANJANG USIA AKI SEPEDA MOTOR

Aki/ accu adalah salah satu bagian kelistrikan dan termasuk fital bagi sepeda motor. Lampu, bel/ sirine, CDI (yang memakai DC CDI), alarm anti maling, semua memakai Aki sebagai sumber dayanya. Tak terkecuali starter elektronik juga memakai Aki sebagai tenaga utama.
Ketika di pagi hari, saat kita akan menggunakan Sepeda Motor trus starter elektrik ga’ berfungsi karena aki tekor, tentu jadi dongkol perasaan kita.. Apalagi ditambah dengan engkol starter yang terlanjur kita lepas karena ingin gaya.. belum lagi dicampur dengan Istri yang teriak-teriak ingin segera dianter ke pasar tuk belanja….Lengkap sudah prahara di pagi hari…
Tapi prahara di pagi hari ini dapat diminimalisir kalo kita bisa membuat aki menjadi panjang umur dan tahan lama…..(podho wae alias sama aja…hehehehe)
Beban terberat aki adalah saat kita menyalakan Sepeda Motor menggunakan elektrik starter, karena pada saat itu arus besar mengalir dari aki ke dynamo starter. Kalau aki kita dalam kondisi lemah, dynamo starter tidak bisa berputar untuk menyalakan mesin motor…
Beban berat aki ini bisa kita kurangi atau kita pecah dengan menambahkan elektrolit kapasitor pada yang terpasang parallel pada aki. Karena sifat dari elektrolit kapasitor dapat menyimpan arus walaupun tidak sebesar aki, tapi bisa membantu aki. Maka dari itu rangkaian ini sangat sederhana dan dapat membantu aki pada saat start pertama menyalakan sepeda motor dengan elektrik starter.
Langsung aja menuju rangkaiannya berikut ini…


Simple, mudah dan berkualitas….
Keterangan rangkaian :
1. Kapasitor 100 nf berfungsi sebagai tapis dc yang berasal dari arus yang mengisi aki
2. Sekring 5 amp berfungsi sebagai pengaman jika ada konsleting pada rangkaian
3. Elco 10000 uF/ 100 volt berfungsi sebagai penyimpan sekaligus tapis arus DC yang mengisi aki …
Gambar-gambar rangkaian yang telah saya aplikasikan pada motor saya…









bagi yang berminat, SELAMAT MENCOBA dan jangan pernah putus asa ketika gagal, enstein aja gagal 999 kali dan baru berhasil pada percobaan yang ke 1000....
JAYALAH INDONESIAKU...

update terbaru tanggal 01 oktober 2013
dengan rangkaian ini alhamdulillah aki motor suzuki smash saya masih bertahan hampir 4 (empat) tahun ini. Dengan catatan air aki saya tersebut saya tambah dengan serbuk EDTA.. 

update tanggal 04 November 2014
aki saya masih bertahan sampai saat ini, (kira-kira 4,5 tahun) engkol stater belum saya pasang, saya masih tetap menggunakan double stater untuk menyalakan sepeda motor saya (suzuki new smash 2006). air aki-pun jarang mengisi, karena kondisinya full terus...

138 komentar:

  1. Seepp... salam kenal pak
    dr agustino di surabaya

    BalasHapus
  2. Sebelumnya trima kasih atas ilmunya...saye punya motor cb glatik yg udh di ubah dri platina ke cdi, saat sy tidak memakai accu u lampu, akibatnya sering putus. Bisa nggak kapasitor di aplikasikan sbgi ganti accu dan bagaimana rangkaiannya...apakah di paralel atau seri dg kiprok atau mengikuti seperti rangakaian di atas.
    Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih, salam kenal edi from belitung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti kalau mio ganti headlamp LED yang biasanya pakai dc, dan menguras aki inibsolusinya? Kenapa pakai 2 elco bos? Apakah lebih banyak lebih bagus?

      Hapus
  3. pake aki bebas perawatan dari SCHUM aja gan, teknologi terbaru yaitu menggunakan NANO GEL, sehingga dapat menyimpan listrik lebih lama, pemakaian juga jadi lebih awet ..

    coba lihat disini : http://www.sparepart-mobil-motor.com/2011/12/battery-aki-schum-berteknologi-nano-gel.html

    BalasHapus
  4. @multiPCB : salam kenal juga bro agustino di surabaya, makasih dah mampir ke blog saya..
    @Edi : makasih juga atas kunjungannya, untuk fungsi kapasitor tidak bisa menggantikan fungsi dari accu (aki), karena aki berfungsi sebagai penyimpan energi listrik dan kapasitor pada rangkaian DC (direct curent) hanya berfungsi sebagai filter, untuk urusan menyimpan energi lstrik, memang dapat menyimpan tapi cuma kecil sekali. kalau untuk mengatasi cepat putusnya lampu bohlam sepeda motor menggunakan kapasitor, kemungkinan juga bisa, karena secara teori, arus dc dari kiprok yang masih ada riak-riak akan di dc-kan murni oleh kapasitor. sehingga arus yang men-suplay lampu adalah dc murni. untuk rangkaiannya adalah kabel dari kiprok yang menuju ke lampu di hubungkan dengan kaki positif kapasitor dan kaki negatif kapasitor dihubungkan dengan bodi (ground. demikian kurang lebihnya mohon maaf.
    @sparepart : makasih atas kunjungan dan infonya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas saya punya elco jenis ini dua biji,..

      MOTOR STARTING
      KAPACITOR
      250 VAC 300 MFD
      50/60Hz
      Super Quality

      tdinya orang beli mo buat mesin poles marmer,.. tpi ga cocok atau gmana
      kira2 bisa di peke untuk di motor ga mas,..

      Hapus
    2. kalau elco semacam itu kelihatannya tidak bisa untuk menambah kekuatan aki karena itu elco untuk tegangan AC sedang yang dibutuhkan adalah elco untuk tegangan DC..makasih dah mampir..

      Hapus
  5. Salam kenal buat Mas Toni. Begini Mas, saya punya aki bekas dgn tegangan 12 Volt 60 AH, yg ingin saya manfaatkan utk sumber energi cadangan listrik. Dan saya punya UPS utk komputer yg akinya sdh rusak. Aki yg rusak ini saya ganti dgn aki bekas dgn teg 12 V 60 AH, dan UPS ini saya pakai utk menyalakan lampu, tetapi ada masalah yaitu lama jam menyalanya hanya sebentar sekitar 10 menit tidak sebanding dgn kapasitas aki yg saya gunakan. Mngkin Mas Toni bisa membantu saya untuk mengatasi masalah ini. Trima kasih atas bantuannya. (Tri Artono di Padang).

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga buat mas tri artono di padang, kalau pengalaman saya kejadian seperti itu cobalah anda ganti aki anda yang 12 volt 65 ampere dengan aki sepeda motor yang masih baru (maksudnya silakan lepas aki motor atau mobil anda buat kegiatan ini), jika dengan aki yang masih baru nyalanya jadi lama, maka bisa disimpulkan bahwa yang bermasalah adalah aki anda yang 12 volt 65 amper, karena biasanya aki bekas pakai itu tidak bisa menyimpan energi listrik secara penuh

      Hapus
  6. salam kenal, om itu di elconya udah ada kutub negati positifnya apa belum, takut kebalik , infonya dong .

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga, elco sudah ada tanda kaki positif dan negatifnya. biasanya yang kaki negatif ada tanda pada badan elco yaitu berupa garis - (negatif) yang memanjang kebawah, jadi gak usah takut kebalik...makasih adh mampir

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. bang gimana kalau ga pake sikring?......langsung aja ke +/- aki dan masa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ga pake sekring juga ga apa-apa, itu cuma untuk menjaga kerusakan akibat konsleting listrik, karena rangkaian capasitor saya tanpa box. anda bisa langsung memasang kaki capasitor + (positif) ke kaki + (positif) aki dan kaki - (negatif) capasitor ke kaki - (negatif) aki. terima kasih dah mampir...

      Hapus
  9. mas toni.
    salam kenal.
    itu kan elco 10.000 mf , 100V kalau pakai 10.000mf , 50V. itu efek bedanya dimana kalau buat motor?
    trus apakah untuk motor DC harus menggunakan elco 10.000mf, 100V dua biji?
    makasih mas ton.
    ngak paham elektro saya, tapi motor saya megapro dan itu juga DC

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga agan putra djaya..
      bisa saja memakai sebuah elco 10.000 uF 50 V, karena fungsinya membantu aki menggerakkan double starter ketika kita menstarter sepeda motor...saya gunakan 2 biji 10.000 uF karena saya ingin aki sepeda motor saya lebih ringan lagi kerjanya..dan 100 V karena pada awalnya saya kira tegangan dari mesin yang men-charge aki sanggup mencapai 100V..makasih dah mampir...

      Hapus
  10. Salam kenal om, kalo kapasitornya ditambah 2 lgi jadi 40000uF apakah efeknya bagus buat motor kita? Makasih om

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga buat anda dari kami, yang jelas kinerja aki semakin mantaf karena dapat pasokan energi dari kapasitor 40k uF, sehingga kinerja kelistrikan sepeda motor seperti cdi, lampu dll menjadi semakin bagus..efeknya sepeda motor semakin maknyussss...moga bisa membantu..makasih balik..

      Hapus
  11. Terima kasih sekali mas,, sangat bermanfaat infonya.
    Saya punya pertanyaan .Serbuk EDTA,, itu apaan yah mas. Maaf gak tau ini apaan dan belinya di mana

    Itu saya lihat di gambar skemanya pakai Kapasitor 100nf, tapi di gambarnya saya lihat memakai Elco semua. Setahu saya 100nf biasanya bentuknya gepeng bukan bunder seperti elco. Kalau itu elco berapa ukurannya yang mas pakai?

    BalasHapus
  12. serbuk EDTA atau Natrium EDTA biasanya dipakai untuk menjernihkan air, dan pada aki berfungsi menjaga kejernihan air aki sehingga dapat menambah keawetan aki, biasanya ditoko kimia dijual bebas, kemarin aku beli seharga Rp. 30.000 per 0,5kg. kapasitor 100nF memang gak saya pasang karena efeknya kecil untuk filter DC dan penyimpanan tegangan, untuk elco ukuran 2 x 10.000uF / 100V...tapi 10.000uF/50v saya kira udah cukup...makasih dah mampir..

    BalasHapus
  13. klo untk motor vario 125 bisakah memakai elco yg 10.000mf / 80v ???...merk elco yg bagus apa ya.dan sekitar brpaan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ukuran segitu untuk vario, kalo masalah merk dan harga, saya kira yg 50rb keatas sudah agak bagus...punya saya aja cuma yg 35rb-an....makasih dah mampir...

      Hapus
  14. elko yang kecil berapa nilai mf/v?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Elco yg kecil diabaikan juga ga pa pa.... pake yg besar aja 2 x 10000 uF 50 v... makasih dah mampir...

      Hapus
  15. Salam kenal bang,kalo capasitor 400/450VAC 50-60Hz bisakah disambung dari cdi ke coil motor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya 400uF / 450v? Klo iya, itu terlalu besar, biasanya koil malah ga nyala atau mbrebet kalopun nyala, moga bisa bantu..

      Hapus
  16. Balasan
    1. Aki kering bisa aja ditambahi rangkaian ini...

      Hapus
  17. ijin simak, maaf saya mempunyai vario 110 lama (belum injeksi)

    spesifikasi sekarang :

    tanpa tambahan apapun hanya lampu hazart dan lampu kedip2 touring.
    kelemahan yang terjadi :

    saat rpm rendah dan pegang rem maka klakson bunyinya kecil.
    terkadang lampu kedip touring jika rpm rendah jalannya hanya separuh (kadang mati walaupun relay berbunyi)
    kadang lampu hazart mati apabila di lampu merah dengan menekan rem.
    keinginan :

    memasang charger USB dari rangkaian buatan sendiri (tambahan)
    memasang audio 20watt rangkaian sendiri dengan speaker 4" bekas speaker samping politron caset.
    menambahkan lampu led kolom (rencana buat sendiri)
    pertanyaan :

    skema/power bank diatas apakah bisa digunakan ?
    apakah ada yang lainnya untuk kebutuhan diatas ? (part atau komponen lainnya)
    jika dipasang 2 aki (bagaimanakan cara pasang 2 aki yang baik dan tidak merusak aki asli/bawaan motor) ?
    terima kasih dan salam kenal

    nurany

    ynnrny@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skema diatas tidak bisa mengganti fungsi aki hanya membantu daya aki saat menyalakan double stater, kalo untuk keperluan audio sebaiknya pake 2 aki yang sama dan dirangkai paralel, + dengan +, dan - dengan -..moga bisa bantu..

      Hapus
  18. Salam kenal om sangat membantu artikelnya dan saya sudah mencoba dan lagi mengevaluasi
    .dengan menggunakan aki yg rada low..efeknya sedikit ada peningkatan..

    BalasHapus
  19. Salam kenal om sangat membantu artikelnya dan saya sudah mencoba dan lagi mengevaluasi
    .dengan menggunakan aki yg rada low..efeknya sedikit ada peningkatan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, kalo anda pake aki yang baru, masa pakai aki kemungkinan bertambah..

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. aki kering satria yg udh pernh servic apkh bisa bila d ksih elco itu om

    BalasHapus
  22. Itu yang nF bukan elco bro tapi keramik, tapi disitu malah jenis elco bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada praktek yg saya lakukan memang saya kasih elco, dan itu tidaklah mengapa, karena fungsi utama rangkaian tidak berubah.. Makasih,

      Hapus
  23. Aki saya kan 12V dg kapacity 3.5 apa bisa pake juga dg elco 2x 10000 uF 50V trimakasih

    BalasHapus
  24. Aki saya kan 12V dg kapacity 3.5 apa bisa pake juga dg elco 2x 10000 uF 50V trimakasih

    BalasHapus
  25. Motor saya mio soul gt dilengkapi lampu HID eangel eyes di tambah klakson keong dan tambah lampu sen hazard kalo Aki saya kan 12V dg kapacity 3.5 apa bisa pake juga dg elco 2x 10000 uF 50V trimakasih sebelom nya dan di tunggu balasanya salam kenal semoga ini bermanfaat buat saya

    BalasHapus
  26. Aki smash saya yg 12V 6A, rangkaian di atas sudah saya coba, eh bodohnya ge pakai sikring yang 5A, kebakar+putus, saya lepas aja. Sekring nya disesuaikan Ampere aki/lebih?

    BalasHapus
  27. Mas mau tanya jika motor starter 24v 7,5kw dinyalakan dengan aki 24v 340Ah. berapa besar ukuran kapasitor yg tepat untuk meringankan beban aki? Lalu bagaimana cara menghitungnya

    BalasHapus
  28. Ane udah pake nih rangkaian di smash 2004..beli accu thn 2012 baru soak thn ini...
    Ane dapet dri tabloid motor plus dulu..bagus buat daya tahan accu..

    BalasHapus
  29. Mas mau tanya, rangkaian seperti gambar di atas apakah bisa di pake pada aki mobil mas trims..... bales?....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, tp alangkah lebih baik jika kapasitas elco diperbesar, agar dapat bekerja lebih mantab...

      Hapus
    2. Mas mau tanya klo untuk aki mobil enaknya pake elco 80V 10K uF atau 100V 10K uF ?#newbie modal nekat gw :)

      Hapus
    3. 80volt elco saya kira sudah cukup mas, mungkin yang perlu di tambah adalah nilai kapasitasnya, misal 10.000uF x 5 biji atau 10 biji...makasih dah mampir..

      Hapus
  30. Mas mau nanya , kalo tanpa kapasitor 100 nano farad , apakah tdak berpengaruh pada kelistrikan ? Trim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cap 100nf dilepas aja, ga pengaruh besar terhadap kelistrikan....

      Hapus
  31. mas mau tanya nih kalo untuk memperbesar pengisian pada aki gimana yah caranya,ato mkn ada rangkauan khususnya?
    motoe sya scorpio utk klistrikan lampu sya ubah DC n kiprok pake punya tiger,tpi bolak balik sering ganti aki soalnya pengisiannya gak sesua dengan pemakaian.lampu utama pake H4 55/60

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa lebih detail lagi penjelasannya ? "tpi bolak balik sering ganti aki soalnya pengisiannya gak sesua dengan pemakaian", apakah maksudnya akinya gampang soak atau bagaimana?

      Hapus
  32. Motor saya mio j injeksi..
    Saya sdh beli boxnya, elco 10.000uf 50v 2pcs, dan box fuse dengan fusenya 5A..
    Saya ada beberapa pertanyaan mohon bantuan masukannya..

    1. Apa perlu resistor di kutub + dan berapa ohm dan watt brp untuk 2 elco tsb??
    2. Bukannya butuh relay 12v untuk untuk pengamanan jika kontak on baru tersambung ke booster dan sebaliknya jika kontak off booster terputus??

    Mohon masukan dan jawaban yg mendetail om. Soalnya saya msh newbie. Thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah mau mampir ke blog saya, untuk resistor dikutub + saya tidak memakainya dan sampai sekarang masih aman-aman saja tidak ada kendala, saya juga tidak memasang relay, karena menurut anggapan saya hal itu akan tidak efektif, karena kinerja elko dan aki akan bertambah karena pemasangan relay walaupun tidak besar, demikian semoga dapat membantu..

      Hapus
  33. Pak numpang tanya nich. bedanya elko mf sama uf itu apa pak trus kl pake yg tipe elko mf bs jg gk pak?

    BalasHapus
  34. elco mf atau uf?? maksudnya bagaimana?? kalau yang anda maksud adalah elco dengan ukuran misal 10 mF dengan yang ukuran 10 uF apakah beda?? jelas beda, karena elco 10 mF = 10.000 uF, dan kalau anda pengen pakai elco yang misal 100 mF itu akan lebih baik daripada 100 uF, makasih dah mampir..

    BalasHapus
  35. Misi pak mo nnya ni mtr ane jupiter mx 2010 naikin cc150 pinton vixion dan kipas radiator sya psg lgsg pda contak/on/of udah pasang kapasitor 50v/10000uf 2buah tpi msh ngk kuat klu di stater minta solusinya pak gmn baik nya mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih dah mampir, mungkin aki nya perlu dipasang yang lebih besar arusnya, karena disini elco sifatnya cuma membantu aki pada saat start pertama.

      Hapus
  36. bisa minta nomor contactnya gan, kebetulan saya sedang ada proyek yg berhubungan dengan baterai rechargeable/aki. mungkin bisa bergabung dengan proyek saya.

    nomor contact / WA saya 081294372660

    BalasHapus
  37. Mau tanya, sepedanya suprax110 pake aki kering, q tambahin elco 10.000 uf/50v 2 , setelah dipasang staterny terasa lbh ringan, itu cm beberapa kali,setelah itu kok aki malah jd ngedrop ya...
    Terasa saat mau tekor akinya..
    Minta solusinya.mksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya kapasitor ini mirip power bank yg bisa menyimpan arus listrik lalu menyalurkannya. Klo g percaya coba aja rangkaian tersabut tempelin ke aki yg normal 5detik saja. Trus test pake tester lampu - dan + ke kapasitor. Bulp brpa watt sembarang yg penting +&- nya g kebalik. Pasti lampu itu mmpu nyala walo bentar. Jadi klo mnurut saya rangkaian yg diatas itu bisa membuat aki drop karena stelah off kontak capasitor itu masih lengket di + - nya aki. Kecuali kalo pake relay ambil +dr kontak yg memutuskan arus pada saat motor dimatikan. Sedangkan pada kontak on atau pada saaT kita mau OTW Kapasitor itu siap2 kerja lagi nyimpen2 arus listrik. Maaf bukan sok tahu tapi ini yg ada di uneg2 saya.. Klo salah bisa dijelasin lg knpa salah hehehe piss n salam blaaaar blaaaar

      Hapus
    2. No problem mas pd knytaanya atw bukti g ad mslh mlh justru mmbntu aki soak lmh kmbli stbil

      Hapus
    3. kalau pada awalnya setelah dipasang elco trus staternya lebih ringan tapi ketika beberapa kali menjadi kaya akinya ngedrop, coba cek kiprok nya, mungkin ada masalah dengan pengisian tegangan pada akinya, karena meskipun aki baru, jika untuk stater trus pengisian tegangannya tidak maksimal maka aki pun akan ngedrop tegangannya... moga bisa membantu..

      Hapus
    4. Salam mas toni priyanto,
      Lampu motor saya redup, elco tsb bisa di pake motor tanpa baterai (ac) ga mas???

      Hapus
  38. Mas, yang bener bener effektif, jangan pakai elco, tapi pakai super capacitor, ini sudah terbukti. hanya karena supercap itu cuman 2,7 vdc, perlu enam biji yang diseri. Pakai yang masing masing 300 Farad ( bukan mikrofarad loh). Juga harus direk tanpa fuse, pakai kabel 4milimeter kwadrat. Pasti Jos banget, awet, start jadi enteng. Orang Bulik malah sudah menghilangkan akinya, tapi pakai yang masing masing 3000 Farad.

    BalasHapus
  39. Maaf gan mau nanya klo diaplikasikan pada motor matic yamaha xeon gt bisa ga?soalnya kan arus nya ga murni dc?

    BalasHapus
  40. mantefknya kl di psang elcoap mas bro bydwe ap

    BalasHapus
  41. mantep masbro bydwe kl dipsng elco ap efeknya

    BalasHapus
  42. Mas saya mau nanya nihh.
    Mitor saya supra125. Nah klistrikannya standard pabrik ga ada di ubah2 nih. Cman saya kasih tambahan beban seperti klakson keong, lampu hazard, dan lampu sorot led tambahan. Nah permasalahannya jika lampu rem hidup maka lampu sorot led dan lampu sepedometer jdi kedip, begitu juga ketika menghidupkan klakson makan lmpu2 akan berkedip padahal rangkaian klakson sudah menggunakan relay merk hella. Nah pertanyaannya Apakan motor saya bisa menggunakan rangkaian di atas ni om.. buat di motorsaya . Mohon pencetahannya terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah pasang elco 10000/50 pada batrai motor saya dan sampai sekarang tidak ada perubahan .. Gimana menanggulangi agar kelistrikan di motor saya tetap manteng om tidak berkedip saat salah satu item di hidupkan bahkan pada saan item idul secara bersamaan. Terima kasih om

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Saya sudah pasang elco 10000/50 pada batrai motor saya dan sampai sekarang tidak ada perubahan .. Gimana menanggulangi agar kelistrikan di motor saya tetap manteng om tidak berkedip saat salah satu item di hidupkan bahkan pada saan item idul secara bersamaan. Terima kasih om

      Hapus
  43. Mas saya mau nanya nihh.
    Mitor saya supra125. Nah klistrikannya standard pabrik ga ada di ubah2 nih. Cman saya kasih tambahan beban seperti klakson keong, lampu hazard, dan lampu sorot led tambahan. Nah permasalahannya jika lampu rem hidup maka lampu sorot led dan lampu sepedometer jdi kedip, begitu juga ketika menghidupkan klakson makan lmpu2 akan berkedip padahal rangkaian klakson sudah menggunakan relay merk hella. Nah pertanyaannya Apakan motor saya bisa menggunakan rangkaian di atas ni om.. buat di motorsaya . Mohon pencetahannya terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending cek dulu volt accu nya mas...
      bisa jadi pengisian pada accu kecil,jd kedip semua...
      saran sy sih mendingan di cas dulu accu nya...

      Hapus
  44. Salam kenal,mohon pencerahanya mas,apakah kapasitor yang mas bikin itu bisa langsung dipasang di aki,tanpa harus di cas dulu kapasitornya...?
    Trimakasih banyak mas,mohon pencerahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg saya tau,capasitor itu ga perlu di cas..karena sifat nya menyimpan daya sementara..jd mendingan langsung pasang aja..aman ko selama tidak kebalik antara kutub positif (+) sama negatif (-)

      Hapus
    2. Hati hati broth bawaan dari pabrik itu masih tersimpan listrik AC karena produk kan harus di uji coba dulu sebelum di pasarkan. Nah klo broth langsung tancep ajah wah wah bisa bisa aki ente tekorrrr konslet broth.

      Hapus
  45. kalau kapasitornya nyala terus apakah gak bahaya buat aki ya? visit www.ibnuwajak.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikutkan positif kunci kontak ya broth agar aman pd saat off

      Hapus
  46. itu Kapasitor 100 nf berapa vol ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pakai kapasitor 50volt 10000uf. Klo bisa rangkai paralel jadi 70000uf 50 volt baru krazaa

      Hapus
  47. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..
    Maaf, motor saya supra x125..pakai aki kering 12 volt 6 amper.. Kelistrikan dc dengan kiprok tiger.. Apakah bisa pakai rangkaian yang mas buat.. O ya kapasitor 100uf nya berapa volt mas.. Trim's.. Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai kapasitor yg 10000uf 50v kali 5 atau 7 biji. Rangkai paralel ya broth

      Hapus
  48. Mantap jaya bro..you good everytrik...sangat bagus untuk membantu orang lain,,lanjutkan dan salam kenal����������

    BalasHapus
  49. Slm kenal mz bro...
    Saya punya vario lama 110 n saya ga paham dgn rangkaian kapsitor'a..
    Tolong dong mz dbantu cara rangkaian'a krn saya buta dgn elektro..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Search aja di mbah google banyak cara nya

      Hapus
  50. salam . .
    cara itu apa ga bikin accu tekor?
    krn khawatir saat mesin mati,listrik dari accu kesedot elco.
    klo untuk mio gt skema spt apa?
    mohon pencerahannya.thx u . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya btul itu...harus nya kutub positif elcho di ikutkan ke kutub positif kunci kontak baru pas mesin off arus putus dan tdk tertampung di elcho semua

      Hapus
    2. MR.x benar apa yg kau katakan.dari awal saya membaca nanti penjelasmu yg masuk akal.dari sekian artikel ini

      Hapus
  51. Siang gan mo nanya nih ..klo buat aki mobil..pke elco apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek dulu voly dan ampere aki nya baru tentukan kebutuhan volt nya

      Hapus
  52. Salam santun driku mz bro. Saya mo tnya,ap kapacitor ukrn yg sprti diatas bisa buat motor ap ajj. Sprti cb150r,vixion,,,bsa pka sprti itu. Ap ukurnnya tertentu,stiap motor bda2.
    Maksh ats wktunya.

    Mohon pnjlsnnya kang mz.

    BalasHapus
  53. Salam santun driku mz bro. Saya mo tnya,ap kapacitor ukrn yg sprti diatas bisa buat motor ap ajj. Sprti cb150r,vixion,,,bsa pka sprti itu. Ap ukurnnya tertentu,stiap motor bda2.
    Maksh ats wktunya.

    Mohon pnjlsnnya kang mz.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap motor berbeda beda mas broth...cek dulu kebutuhantotal kelistrikan motornya. Cek jenis kelistrikan motornya cek juga spul kiprok dan aki nya. Baru ketwan berapa volt max yg dibutuhkan motor.

      Hapus
  54. Mf ko blznnya g ad ya bos, tlng di jelskn ulng

    BalasHapus
  55. Mf ko blznnya g ad ya bos, tlng di jelskn ulng

    BalasHapus
  56. mas perangkat yang kayak gitu kalu saya pasang di aki mobil 12 v 60 ampere bisa , berfungsi seperti yg di atas itu ndak ya , salam dari KEDIRI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bisa rangkai aja 50volt 70000uf....klo masih kuranng pakai yg ultraelcho 2,7volt 500farad. Nah itu walau gak pakai aki tetep bisa double strarter. Asal sebelum nya di charger dulu si elcho nya selama 5 menitan ukur volt nya.

      Hapus
  57. Untuk mobil bagus n aman nya pakai maxs kpasitor 50 v. Krn mobil rata rata batrey menggunakan 12 v. N daya di namo cas / altenator mobil max 14.6.
    Mo lebih aman gunakan yg 25 volt saja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa asal micro farad nya yg digede kan agar arus dapat tertangkap lebih banyak teriikat

      Hapus
  58. Kalo buat motor cb150r gimana bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama ajah cek dulu kondisi spul kiprok aki dan kebutuhan voltase nya semua termasuk jenis kelistrikan yg di pakai di motor tsb. Jika sudah hitung beban nya baru tentukan nilai volt elcho nya

      Hapus
  59. kalau buat mobil. bisa nda ? harus paralel berapa buah elconya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek dulu voltase aki nya dan ampere nya. Cek dulu seluruh kebutuhan volt nya dan sistem kelistrikan nya berjenis apa ? Barulah hitung total volt max yg dibutuh kan mobil tsb. Nanti itu ketawan semua

      Hapus
  60. Bisakah anda membuatkan untuk saya bang ?

    BalasHapus
  61. Tlg tny mas, kalau buat mobil aki 100ah pake kapasitas brp & brp buah? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berapa volt aki mobil nya ? Klo 12volt bisa pakai yg ultra elcho yg 2,7v 500f sebanyak 5 biji di rangkai seri broth. Itu wes gak usah pakai aki bisa doble strater tuh mobil ente. Tp jgn lupa sebelum pasang si elcho i charger dulu selama 5 menit

      Hapus
  62. Kalao pasang 2 Elko yang + dihubungkan dengan + apa dihubungkan dengan yang - pada Elko yang satunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Positif dgn positif dan negatif dgn negatif broth

      Hapus
  63. Kalau pasang 2 kapasitor, apakah capasitorx di sambung seri atau paralel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo yg 50volt 10000uf sambung secara paralel jgn lupa pakai sikring broth tempatkan ditempat yg aman dgn air dan guncangan

      Hapus
  64. Klw buat supra 125 bisa ga gan ,kelistikan udah ful DC

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa broth malah mantab klo pakai 70000uf 50v

      Hapus
  65. Tegangan elco cukup yg 25v, gak perlu 100v muahal bgt. Karena tegangan pengisian paling tinggi cuma 18v gas pol.

    BalasHapus
  66. Bro mau tanya motor tiger kan akinya 12v 7ah,kalau pakai aki 12v 3,5ah kenapa sering rusak akinya,bagaimana caranya pakai aki 12v 3,5ah agar aman bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena pengisian arus yg besar dari kiprok nya broth..alhasil si aki gak nampung alias ambierrrr untung ketawan...klo lama lama bisa kembung tu akinya wakakaakk

      Hapus
  67. Saya punya motor mio soul gt 2014,apa tidak berbahaya jika dipasangkan elco 10000mf 50v???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek semua total sistem dan jenis kelistrikan motor nya dulu broth

      Hapus
  68. Untuk mio soul gt 2014,apa tidak berbahaya jika dipasangkn elco 10000mf 50v???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek dulu semua total dan jenis kelistrikan motor broth semua nyah. Baru hitung kebutuhan volt keseluruhan motor nya. Dgn begini broth bisa tentukan nilai kapasitor yg akan dipakai nya. Jgn lupa sikring dan tempatkan di area aman konslet kedap air dan guncangan

      Hapus
  69. Kalo pada saat mesin off arus akan kembali ke ke elcho alhasil besok motor gak bisa di double starter lagi.

    BalasHapus
  70. Sebelum pasang elcho sebaik nya cek dulu spul...kiprok...aki motor. Jika sudah drop volt nya seberapa...klo sudah hitung jumlah keseluruhan kebutuhan listrik motor broth sekalian. Nah klo sudah cek sistem kelistrikan motor nya apakah halfwave atau fullwave, jika sudah cek apa ada yg sudah pakai kapasitor atau belum. Dgn begini broth semua jadi tau kebutuhan kapasitornya seberapa. Wookeh mantab jiwa dah jgn lupa pakai sikring dan simpan kapasitor di tempat yg kedap air dan ada ventilasi udara sedikit agar awet kapasitor nya.

    BalasHapus
  71. Kalo aki sama elco di paralel bisa gak mas

    BalasHapus
  72. klo untuk aki mobil pakai paralel elco yang kapasitas berapa 50v/100v 10000uf , apa bedanya , terima kasllh

    BalasHapus
  73. mohon pencerahanya Gan
    kalau pake elco 10000uf 50v efek sampingnya untuk CDI dan komponen lainya apa? apakah bisa bikin CDI kebakar?

    BalasHapus
  74. Mas tanya dong itu rangkaian elconya positip ketemu positip , negativ ketemu negativ ya?? Apa bedanya sama positip ketemu negativ
    Mohon ilmu nya

    Terima kasih

    BalasHapus
  75. Mas tanya dong itu rangkaian elconya positip ketemu positip , negativ ketemu negativ ya?? Apa bedanya sama positip ketemu negativ
    Mohon ilmu nya

    Terima kasih

    BalasHapus
  76. Mas maaf mau tanya. Kabel positif dan negatif yg di gambar itu warna apa ya mas

    BalasHapus
  77. rencana mau ganti aki yang sekarang tekor, nunggu dana, sekalian ditambahi rangkaian ini, suwun bro, semoga terhindar prahara di pagi hari hehe ..

    BalasHapus
  78. wkwkw bos bos calon einstein mending ibnu sina ajah setara tuh

    BalasHapus
  79. Permisi mas semisal saya pasang elco kan bersifat menyimpan listrik secara sementara dan hilang seiring berjalannya waktu nah dalam kondisi motor mati apakah akan memakan listrik dari aki ya?

    BalasHapus