13 Mei 2013

(PERCOBAAN) MENGHEMAT BAHAN BAKAR BENSIN CARA GUE

           Bahan bakar minyak khususnya bensin tak lama lagi kemungkinan akan naik harganya. Itu artinya yang semula setiap satu minggu konsumsi BBM motor kesayangan kita cuma Rp. 15.000,00 maka akan berubah menjadi sekitar Rp. 25.000 s/d Rp. 30.000. Tentunya sangat akan menambah pengeluaran bulanan kita. 
           Saya berpikir (bukan sebagai ahli kimia), bagaimana agar bensin premium yang saya isikan di tangki motor smashbiru kesayangan bertambah nilai oktannya. pada BBM dengan oktan tinggi, titik bakarnya tentu lebih tinggi, sehingga motor semakin irit bensin..lihat di sini. Langsung saja saya lagi bereksperimen dengan BBM yang saya isikan ke tangki motor saya, tetapi sampai hari ini senin tanggal 13 Mei 2013, saya belum bisa memastikan apakah percobaan saya ini berhasil atau tidak. 

 Peralatan yang saya gunakan :
1. sepeda motor smashbiru
2. alat suntik bekas tinta printer
3. wadah dari gelas plastik atau yang lainnya

 Bahan-bahan yang diperlukan :
1. Spiritus asli 1 liter (karena saya belinya 1 liter)
 
2. Serbuk Sodium Bikarbonat (baking soda/ ibu roti) beli aja di toko bahan roti

trus selanjutnya cara yang saya gunakan adalah sebagai berikut :
1. Tuang satu sendok teh serbuk baking soda pada wadah gelas plastik
2. tuang spiritus pada wadah gelas sekitar 30 cc
3. aduk aduk sekitar 3 menit
4. Tunggu campuran baking soda dan spiritus sampai mengendap ( baking soda tidak akan larut pada spiritus)
5. ambil alat suntik, sedot spiritus dengan hati-hati agar baking soda tidak ikut tersedot, lalu letakkan spiritus hasil adukan tadi pada wadah yang telah disiapkan untuk penyimpanan.
6. Isi penuh tangki sepeda motor dengan bensin, campurkan spiritus tadi sekitar 10 tetes, goyang-goyangkan sepeda motor sebentar.
7. Pakai motor seperti biasa..

 keterangan :
1. Percobaan diatas sebatas percobaan, saya belum dapat mengambil kesimpulan.Mungkin netter semua bisa mencoba dan mengambil kesimpulannya.
2. Kenapa saya mencampur baking soda dengan spiritus, karena spiritus mengandung air, saya berpikiran bahwa baking soda akan menyerap air dan karena baking soda tidak larut dalam spiritus maka yang tinggal hanya spiritus murni saja (itu pemikiran saya).
3. Segala resiko ditanggung pribadi masing-masing.....

 sekian apa yang bisa saya sharing kali ini, semoga dengan sedikit percobaan ini mampu menginspirasi para netter semua yang telah sudi mampir ke blog saya ini.... JANGAN LELAH TUK SELALU BERKREASI DAN BER-INOVASI....

1 komentar: