10 Mei 2013

PENGALAMAN KOE : KNALPOT SMASH BIRU MELEDAK LEDAK

Pada postingan kali ini saya mau berbagi pengalaman dengan netter yang telah sudi mampir ke blog ini tentang knalpot sepeda motor smash biru yang meledak ledak ketika dalam perjalanan gas digeber pada kecepatan tinggi lalu dengan tiba-tiba gas ditutup karena akan berhenti dan waktu itu pula dari knalpot terdengar suara seperti mercon....DUAAARRRRRR!!!!!! Tentunya sangat mengagetkan kita karena suara tadi dan ditambah rasa malu karena hal itu..... hal itu terjadi pada motor smash biru kesayanganku beberapa hari yang lalu. Setelah berguru kepada MBAH GOOGLE, ada beberapa sebab terjadinya ledakan pada knalpot, diantaranya busi yang sudah waktunya ganti (padahal busi saya baru beberapa minggu saya beli), setingan karburator yang tidak pas, sampai pada setelan klep in dan out yang terlalu rapat. Waktu itu saya coba ganti busi baru lagi, dengan harapan knalpot tidak meledak lagi ketika gas ditutup setelah digeber habis, tetapi masih juga meledak ledak, selanjutnya adalah menyetel karburator sampai membersihkan nya dengan cairan pembersih karburator (carburator cleaner) tetapi masih juga belum berhasil. Dengan semangat 45 (hehehehe) aku coba buatkan dc cdi sederhana dengan skema yang aku copas dari MBAH GOOGLE juga, dengan sangat terpaksa ledakan tetap ga mau pergi..... Akhirnya dengan niatan agar gak malu-maluin karena knalpot meledak-ledak aku coba hal ini..... jeng...jeng....jeng....... aku lepas busi dari tempatnya trus aku ambil pisau yang tajam, kemudian aku renggangkan jarak antar elektroda dengan body-nya, mungkin awalnya sekitar 0,6 mm aku jadikan sekitar 0,8 s/d 0,9 mm, kenapa ukurannya aku katakan "sekitar" karena memang cuma modal perkiraan saja. Setelah selesai aku pasangkan pada sepeda motor lagi dengan sangat berharap agar knalpot tidak meledak lagi..... selanjutnya dengan mengucap syukur alhamdulillah, setelah aku coba beberapa km ternyata knalpot motor new smash biru ku tidak meledak lagi.. akhirnya setelah itu, buka tutup gas dijalanan ramai tidak jadi masalah lagi..... Begitulah pengalamankoe seputar knalpot yang meledak ketika gas ditutup setelah digeber, semoga bisa memberikan sedikit inspirasi buat para netter yang sudah mengikhlaskan diri untuk mampir di blog koe ini.... Makasih banyak kepada Allah swt atas pemberian otak ini untuk mengembangkan diri, dan juga kepada smash biru-koe yang telah banyak menginspirasi koe......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar