23 Juni 2009

Amplifier mudah dan murah dengan Tr. 2N 3055


Untuk para pendekar audio dimohon pencerahannya untuk perbaikan demi perbaikan blog ini..


Mudah dan murah. Kata yang tepat menggambarkan rangkaian ini.Tegangan catu menggunakan 50 Volt tetapi amplifier ini mampu bekerja pada 30 – 60 volt. Input maksimal adalah 0.8 – 1 Vp-p. Kamu dapat lihat bahwa pada rangkaian ini beberapa komponen mempunyai toleransi nilai yang besar, jadi kamu bisa membangun amplifier ini dengan berbagai variasi komponen yang dapat kamu temui di rumah. Kamu dapat menggunakan sembarang Transistor NPN sebagai transistor final tapi jangan menggunakan transistor pasangan Darlington….Power output rangkaian ini mencapai 60 Watt.

Beberapa komentar :

- kapasitor C1 dipasang untuk mengatur frekuensi rendah (bass), ketika kapasitasnya bertambah maka akan semakin “ngebass”

- kapasitor C2 dipasang untuk mengatur frekuensi tinggi (Treble), ketika kapasitasnya bertambah maka akan semakin “treble”

- rangkaian amplifier ini bekerja pada kelas B, artinya arus mengalir pada transistor finalnya, walaupun tidak ada sinyal pada inputnya. Arus dapat disetel dengan resistor variable 500ohm. Pada saat arus bertambah, suara yang dihasilkan semakin baik tetapi dengan konskuensi transistor final akan menjadi panas. Tapi jika arus berkurang , transistor final tidak menjadi panas tetapi dengan konskuensi suara yang dihasilkan semakin jelek…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar